Monday, June 9, 2014

Prediksi Fase Grup Piala Dunia 2014



Tidak terasa event sepakbola terbesar sejagat akan kembali diselenggarakan, Piala Dunia 2014. Buat saya sendiri masih terasa menyebalkannya dominasi Spanyol pada banyak kejuaraan. Rasanya seperti "siapa saja yang juara asal bukan Spanyol." Saya yakin pasti banyak dari Anda merasakan hal yang sama.

Sekarang persis sebelum Piala Dunia digelar saya ingin mencoba memberikan prediksi siapa saja yang lolos pada fase grup. Mohon jangan dijadikan patokan Anda untuk memasang judi bola. Karena semua prediksi ini hanya berdasarkan sesotoyan saya sebagai penggemar Sepak Bola sejak dalam kandungan. Ya, ibu saya saat mengandung saya tiba-tiba seperti kesambet setan gila bola. Dia yang (menurut bapak saya sendiri) tidak pernah suka sepakbola sekonyong-konyong antusias dan berteriak mendukung kesebelasan Italia saat Piala Dunia 1990 berlangsung. Tidak heran anaknya seperti merasa setengah Italia dan mengidolakan Francesco Totti. Hehehe.

Grop A

Peserta  : Brasil, Kroasia, Meksiko, Kamerun.
Prediksi : Brasil sepertinya memang sudah wajib lolos dari grup ini dengan posisi pertama. Dengan diperkuat pemain-pemain dengan skill yang pasti Anda ingin miliki jika bermain Football Manager. Akan ada persaingan ketat untuk memburu posisi kedua di grup ini. Namun Kroasia terlihat lebih siap untuk masuk ke babak selanjutnya jika melihat ke dalaman skuadnya. Meksiko dan Kamerun harus banyak berharap pada bintang utamanya yaitu Javier Hernandez dan Samuel Etoo.

1. Brasil        9
2. Kroasia    6
3. Meksiko   2
4. Kamerun   1

Pemain yang akan menonjol:
Oscar with Chelsea (cropped).jpg
Oscar (Brasil)
Luka Modric - Croatia vs. Portugal, 10th June 2013.jpg
Luka Modric (Kroasia)
Javier "Chicharito" Hernandez vs MLS All Stars.jpg
J. Hernandez (Meksiko)

Samuel Etoo (Kamerun)






Grup B

Peserta  : Spanyol, Belanda, Cili, Australia
Prediksi : Spanyol sepertinya akan kembali menyebalkan dengan mendominasi semua laga. Namun patut diperhatikan. Menurunnya performa Barcelona bisa jadi membuntuti performa Spanyol. Semua seperti sudah tau cara mengalahkan Spanyol. Memiliki pemain yang siap melakukan pressing ketat disegala sudut lapangan dan menggebrak dengan serangan yang tajam seperti yang dilakukan Bayern Munich asuhan Jupp Heynckes. Atau jalan terakhir menumpuk semua pemain di area 16-20 meter dan siap melakukan serangan balik cepat. Belanda akan menemani Spanyol menuju ke babak selanjutnya. Cili siap mengintip peluang jika ada salah satu dari raksasa Eropa ini tergelincir. Australia dengan skuad yang mereka bawa mungkin hanya akan berlibur sambil main bola saja di Brasil. Sorry tetangga. Tim Cahill dan Mark Breciano sepertinya tidak mampu berbuat banyak. Australia seperti tidak move on dari Piala Dunia di Jepang dan Korsel dengan menyertakan mereka.

1. Spanyol    7
2. Belanda    7
3. Cili           3
4. Australia   0

Pemain yang akan menonjol :

David De Gea (Spanyol)
Robin Van Persie (Belanda)
     
Alexis Sanchez (Cili)
Tim Cahill (Australia)






















Grup C

Peserta : Kolombia, Yunani, Pantai Gading, Jepang
Prediksi : Grup yang seimbang. Tapi sepertinya akan menjadi pertandingan dengan rating TV yang biasa saja. Kolombia akan berjaya dengan kedalaman skuad yang mereka punya walaupun sepertinya akan tanpa mega bintang mereka Radamel Falcao. Kolombia mungkin akan ditemani Pantai Gading. Tapi sebagai sesama orang Asia saya ingin melihat Jepang lolos. Yunani akan kesulitan pada tahun ini. Sulit bagi mereka untuk menang jika striker andalan yang mereka punya saja gersang gol seperti Samaras.

1. Kolombia       6
2. Pantai Gading 5
3. Jepang           4
4. Yunani           2

Pemain yang akan menonjol :
James Rodriguez (Kolombia)
Shinji Kagawa (Jepang)
Sokratis Papasthospoulos (Yunani)







Gervinho (Pantai Gading)

























Grup D

Peserta : Uruguay, Kosta Rika, Inggris, Italia
Prediksi : Entah apa yang ada dibenak pelatih Kosta Rika saat melihat hasil pengundian. Joel Campbell dkk akan menjadi objek derita di grup ini. Lalu tiga negara berikutnya akan bersaing ketat. Uruguay akan bersandingan dengan Italia sepertinya. Uruguay akan sedikit mendominasi dibanding Italia. Dengan pemain yang sudah berpengalaman dan sering tampil bersama sejak lama Uruguay mungkin akan sedikit unggul dari negara yang lainnya. Sedangkan Italia, melihat sejarah mereka memang tidak perlu banyak pemain mega bintang untuk melaju, namun melihat sejarah Italia akan sedikit kesulitan di fase grup. Inggris mungkin masih belum saatnya meledak. Pemain muda mereka pasti akan lebih suka ngadem di hotel mungkin. Cuaca di Brasil tidak akan bersahabat dengan pemain Inggris yang terbiasa dengan udara dingin. Pakde Roy Hogdson sendiri tidak terlihat meyakinkan sebagai pelatih jempolan yang sanggup membawa Inggris juara.

1. Uruguay        7
2. Italia              5
3. Inggris           4
4. Kosta Rika    1

Pemain yang akan menonjol :

Luis Suarez (Uruguay)
Ciro Immobile (Italia)
Rahem Sterling (Inggris)
Bryan Ruiz (Kosta Rika)





















Grup E

Peserta : Swiss, Ekuador, Perancis, Honduras
Prediksi : Mungkin bukan grup yang seru buat Perancis. Satu grup dengan negara kelas dua dan tiga sepertinya tidak akan memberikan kesulitan. Tapi pikiran seperti ini yang bisa saja membuat Perancis terjerembap di jurang nestapa. Ingat apa yang mereka alami di Piala Dunia 2002? Dipecundangi Senegal yang membuat manusia seperti Papa Bouba Diop dan El Hadji Diouf terlihat seperti pemain kelas dunia. Lalu di Afrika Selatan pun sama menyedihkannya. Perancis dewasa ini seperti sibukj sendiri dengan masalah internal mereka. Pemberontakan pemain dan ketidak harmonisan di ruang ganti masih menjadi masalah bagi Perancis. Swiss berpeluang menjadi juara grup jika Perancis kembali payah, Ekuador dan Honduras bisa saja jadi batu sandungan atau jika tidak mau dibilang pelengkap Piala Dunia saja.

1. Perancis      7
2. Swiss         5
3. Ekuador     4
4. Honduras   1

Pemain yang akan menonjol :
Xherdan Shaqiri (Swiss)
Paul Pogba (Perancis)
Antoni Valencia (Ekuador)
Wilson Palacios (Honduras)









Grup F

Peserta : Argentina, Bosnia-Herzegovina, Iran, Nigeria
Prediksi : Lionel Messi harusnya meminta kocok ulang jika melihat hasil yang keluar dari Grup F. Mungkin Carlos Tevez di rumah akan berkata "negara gitu doang mah emang nggak perlu gue main.". Memang mengejutkan dengan tidak dipanggilnya top skor dari Juventus ini. Diposisi kedua akan ada Bosnia. Saya punya feeling kuat melihat Bosnia akan setidaknya mencapai semi-final. Kombinasi Miralem Pjanic dan Edin Dzeko yang sedang naik daun dipadukan dengan pertahanan yang akan dikomandoi Asmir Begovic akan menjadi kuda hitam yang patut diperhatikan. Iran dan Nigeria mungkin memiliki pemain kontingen eropa yang lumayan, tapi akan sulit jika berhadapan dengan negara sekelas Argentina. Victor Moses yang menjadi andalan Nigeria pun bukan tipe pemain yang mampu mengangkat satu tim sendirian.

1. Argentina      7
2. Bosnia          7
3. Iran               1
4. Nigeria          1

Pemain yang akan menonjol :


Lionel Messi (Argentina)
Javad Nekounam
(Iran)
Miralem Pjanic (Bosnia Herzegovina)











Victor Moses (Nigeria)


























Grup G

Peserta : Jerman, Portugal, Ghana, Amerika Serikat.
Prediksi : Grup neraka jahanam lainnya selain Grup D. Entah dosa apa Amerika terjebak di neraka ini. Sebenarnya Amerika memiliki pemain yang lumayan seperti Michael Bradley, Clint Dempsey dan Tim Howard. Namun mereka sepertinya susah menandingi kilau kebintangan dan minyak rambut Cristiano Ronaldo, lengkapnya pemain Jerman disemua lini dan kekuatan Afrika yang dibawa Ghana. Portugal akan bertarung sengit dengan Ghana untuk memperebutkan posisi kedua. Mungkin akan ditentukan dari banyaknya gol yang diciptakan saat bertemu dengan Amerika Serikat. Ada satu hal yang menarik di Grup G. Akan terjadi duel antara kakak adik namun berbeda negara, yaitu Kevin Prince Boateng (Ghana) dan Jerome Boateng (Jerman).

1. Jerman       9
2. Portugal     4
3. Ghana        4
4. Amerika     0

Pemain yang akan menonjol :

Cristiano Ronaldo (portugal)

K. Prince Boateng (Ghana)
Mesut Ozil (Jerman)









Michael Bradley (Amerika Serikat)




























Grup H

Peserta : Belgia, Al-Jazair, Rusia, Korea Selatan.
Prediksi : Jika Grup D dan G adalah grup neraka, maka ini adalah grup neraka versi lebih dingin sedikit. Kekuatan yang terlihat merata. Belgia yang disebut-sebut menjadi tim kuda hitam yang mungkin saja merebut juara dunia memang akan terlihat sedikit mendominasi di grup ini. Kedalaman skuad yang lumayan dan diperkuat dengan pemain-pemain kelas dunia semacam Vincent Kompany, Thomas Vermaelen dan Marouane Fellaini serta berbagai wonderkid seperti Eden Hazard, Adnan Januzaj dan Romelu Lukaku bisa saja berbuat banyak di ajang empat tahunan ini. Pertanyaannya, apakah mereka bisa padu jika disandingkan bersama? Rusia yang dilatih oleh pelatih jagoan, Fabio Capelo mungkin bisa bersaing. Namun berbekal pemain yang banyak bermain di kompetisi lokal akan cukup sulit buat Capelo. Sedangkan Korea Selatan memiliki kemungkinan yang lebih besar dibandingkan dengan Jepang di Grup C untuk lolos ke babak selanjutnya. Lalu Al Jazair sepertinya masih perlu menambah jam terbang piala dunianya. Hanya Djamel Mesbah dan Ishak Belfodil saja yang saya tau sepak terjangnya di skuad Al Jazair. Mereka pun hanya bermain di klub gurem Livorno, bahkan Belfodil akhirnya dicoret karena tidak mampu mencetak satu pun gol musim ini. Giorgio Samaras boleh merasa keren jika disandingkan dengan Belfodil. Ah, ada satu lagi. Saphir Taider yang bermain untuk Inter Milan musim lalu. Namun saya masih ragu jika dia cukup jago. Lihat saja permainan Inter Milan di Liga Italia musim lalu.

1. Belgia      7
2. Korea     5
3. Rusia       4
4. Al Jazair   1

Pemain yang akan menonjol :


Saphir Taider (Al Jazair)
Eden Hazard (Belgia)
    
Ki Sung Yeung (Korea Selatan)
Alan Dzagoev (Rusia)

No comments:

Post a Comment